Kopi Luwak, Kopi Mahal Yang Mendunia

Posted by Unknown On Wednesday, January 2, 2013 0 comments

Kopi Luwak

Kopi luwak saat ini menjadi trend di seluruh dunia. Namanya kini mengalahkan espresso, arabika, dan jenis-jenis kopi mewah lainnya. Rasa dan aroma kopi luwak ini berbeda dengan kopi-kopi lainnya. Kopi ini memiliki cita rasa dan wangi yang berbeda. Selain itu harganya juga sangat mahal. Bayangkan, anda harus mengeluarkan kocek 200 ribuan demi menikmati secangkir kopi luwak asli. Entah mengapa, saat ini penggemar kopi luwak semakin bertambah di seluruh dunia.

Berawal dari racikan sang maestro prancis, kopi mulai naik tingkatannya. Ia mulai melakukan uji coba seperti mengolah espresso, arabika, capucino, dan masih banyak lagi. Kini hadirlah kopi luwak sebagai primadona saat ini. Kopi luwak sebenarnya sama dengan biji kopi biasa. Yang membuat beda ialah proses pembuatannya. Kopi ini berbeda daripada kopi lainnya yang proses pembuatannya hanyalah memilih biji terbaik, menyangrai dan kemudian masuk pabrik dan diolah menjadi bubuk kopi. Kopi luwak membutuhkan proses esktraksi.

Ciri Khas Kopi Luwak


Proses ekstrkasi pembuatan kopi luwak memerlukan pembuatan hewan luwak. Biasanya para pembuat kopi luwak memelihara hewan luwak yang langka di dunia. Hal ini dikarenakan, makanan luwak tersebut ialah biji kopi. Biji kopi yang dimakan oleh hewan ini nantinya akan diproses didalam pencernaan si luwak, dan dikeluarkan lewat kotorannya. Kotoran luwak inilah yang nanti akan diproses menjadi kopi luwak.

Tetapi jangan dulu ilfil, kotoran dari luwak tidak hancur dan berbau. Karena hewan ini hanya memakan biji utuh, maka kotoran yang keluar ini berupa biji kopi. Hanya saja bercampur dengan enzim ptialin yang diproses saat proses pencernaan. Kopi tersebut lalu digiling dan dipasarkan. Rasa dan aroma kopi luwak amat nikmat dan berbeda dari kopi lainnya.


0 comments:

Post a Comment