Detoksifikasi, Penting Untuk Tubuh

Posted by Unknown On Thursday, January 3, 2013 0 comments

Detoksifikasi

Detoksifikasi atau biasa disebut detoks dapat diartikan sebagai suatu proses pembuangan zat-zat yang tidak berguna dalam tubuh yang apabila dibiarkan akan menimbulkan banyak penyakit. Tubuh kita dari luar memang terlihat sehat, tetapi kita tidak mengetahuinya jika didalam tubuh banyak terdapat zat-zat yang tidak berguna. Jika tidak buang zat-zat berbahaya ini akan menjadi racun dalam tubuh.

Tubuh kita banyak terkontaminasi zat-zat berbahaya yang berasal dar kotoran, polusi serta makanan dan minuman yang mengandung zat-zat berbahaya. Di zaman serba cepat ini, biasanya kita sering mengkonsumsi makanan dan minuman cepat saji yang mengandung penyakit dan banyak zat pengawet. Jika dibiarkan mengendap maka akan menumpuk dan menjadikan penyakit. Maka dari itu diperlukan proses detoksifikasi agar tubuh semakin sehat.

Pentingnya Detoksifikasi Bagi Kesehatan


Proses detoksifikasi sendiri sebenarnya tak harus membutuhkan bantuan dokter atau ahli kesehatan. Kita dapat melakukannya sendiri dirumah. Cara yang paling mudah adalah banyak mengkonsumsi air putih. Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari. Air putih membawa zat-zat berbahaya didalam tubuh. Minum lebih banyak memang akan membuat kita sering kencing, tetapi urine tersebutlah yang mengeluarkan kotoran berbahaya dalam tubuh.

Cara lain untuk detoksifikasi ialah perbanyak makan buah dan sayuran. Mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya serat akan membuat pencernaan kita menjadi lancar. Serat tersebut akan mengekuarkan kotoran berbahaya dalam tubuh melalui feses. Sedangkan cara lain ialah dengan Berpuasa. Sebuah penelitian di Jerman, menyimpulkan bahwa puasa mengistirahatkan kerja saluran pencernaan dalam tubuh. Dalam proses pengistirahatan itulah yang membuat tubuh mampu kembali menetralisir zat-zat berbahaya tersebut. Dengan melakukan proses detoks tadi, tubuh akan menjadi sehat kembali.


0 comments:

Post a Comment