Khasiat dan Manfaat Daun Katuk

Posted by Anonymous On Monday, January 28, 2013 0 comments
Daun Katuk

Daun Katuk ialah daun yang banyak tumbuh disekitar kita. Tumbuhan dengan akar tunggang dan berdaun cukup lebat ini banyak ditanam oleh masyarakat karena beragam khasiat dan manfaatnya. Daun katuk memiliki bentuk yang mirip dengan daun kelor hanya saja lebih besar dan memiliki banyak ruas di daunnya. Tanaman katuk juga memiliki bunga kecil berwarna pink dengan buah kecil seperti telor cicak.

Agen Bola mengabarkan daun katuk sangat nikmat dijadikan sayur seperti sayur bening atau orang jawa biasa menyebutnya dengan jangan kunci. Selain untuk sayur, daun katut ternyata memiliki berbagai khasiat yang tak banyak orang tahu. Salah satu manfaatnya ialah untuk menurunkan suhu tubuh. Karena mengandung zat klorofil yang cukup tinggi, daun ini mampu memberi manfaat besar bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi sayur katuk, suhu tubuh akan menjadi stabil. Oleh karena itu sayur katuk juga banyak dikonsumsi pada saat tubuh sedang mengalami panas dalam.

Daun Katuk Melancarkan ASI


Selain menstabilkan suhu tubuh, daun katuk juga memiliki manfaat lain yakni melancarkan ASI. Penggunaan daun katuk untuk melancarkan ASI ialah dengan membuatnya seperti jamu. Jamu ini dibuat dengan cara mengambil air perasan daun katuk. Jika terasa pahit, anda boleh menambahkan gula batu untuk menetralisir rasa pahit tersebut. Jamu daun katuk banyak dikonsumsi bagi mereka yang susah untuk menyusui karena ASI nya kurang lancar, padahal ASI baik untuk pertumbuhan bayi usia dini.

Selain itu, jamu dari daun katuk juga biasa diberikan pada anak yang susah makan. Pemberian jamu tersebut dilakukan dengan cara dicekok. Dengan begitu nafsu makan anak akan meningkat dan tidak memilah-milih makanan lagi.

Celine Shaine

0 comments:

Post a Comment