Karbohidrat Pengganti Nasi Untuk Kesehatan

Posted by Anonymous On Friday, January 4, 2013 0 comments

Karbohidrat

Karbohidrat ialah suatu zat yang terkandung dalam makanan dengan fungsi untuk membuat kenyang. Karbohidrat yang biasa kita konsumsi di Indonesia ialah nasi. Sebagian besar orang Indonesia mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokoknya. Tetapi taukah anda jika kelebihan nasi malah akan menimbulkan penyakit seperti obesitas dan diabetes?. Jika belum mengerti mari kita simak tulisan dibawah ini.

Nasi memanglah karbohidrat yang paling disukai, tetapi nasi ternyata memiliki kadar gula yang cukup tinggi. Sekitar 70 persen dari nasi itu sendiri. Banyak disarankan oleh para dokter apabila kita menderita diabetes, kita harus mengurangi kadar nasi. Hal ini disebabkan agar kadar gula tidak terlalu tinggi. Kita bisa mencari alternative lain selain nasi.

Alternatif Karbohidrat Pengganti Nasi


Karbohidrat yang bisa dijadikan pengganti nasi salah satunya ialah jagung. Jagung ialah termasuk makanan pokok di daerah Madura. Memang masyarakat Madura juga mengkonsumsi nasi, tetapi nasi yang mereka makan mereka campur dengan jagung. Jagung juga lebih mengenyagkan ketimbang nasi. Maka dari itu, ketika anda sedang diet atau anda menderita diabetes tidak ada salahnya apabila mengkonsumsi jagung untuk mengurangi kadar karbohidrat dan gula. Jagung sendiri memiliki kadar gula terendah yakni hanya 30 persen saja.

Cara kedua kita bisa mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung gandum atau whey. Karbohidrat yang satu ini biasanya dikonsumsi masyarakat Inggris. Gandum atau whey di Indonesia bisa dikonsumsi lewat makanan instan seperti sereal. Sereal cocok untuk dijadikan sarapan menggantikan nasi. Selain itu karbohidrat yang satu ini juga lebih sehat dengan kandungan whey. Selain sereal, zat ini juga bisa ditemukan pada biscuit dan roti.


0 comments:

Post a Comment