Bedak Dingin, Kosmetik Tradisional Alami

Posted by Unknown On Sunday, December 30, 2012 0 comments

Bedak Dingin

Bedak dingin ialah bedak ramuan tradisional yang dipergunakan oleh orang tua jaman dahulu. Di zaman serba modern ini dimana banyak terdapat kosmetik di pasaran, keberadaan bedak dingin mulai terlupakan. Bagaimana tidak, orang ingin serba praktis dan tidak mau repot. Namun sebenarnya bedak dingin merupakan bedak alami yang banyak khasiatnya. Bedak ini dibuat dari rempah-rempah alami dari alam sehingga terbukti keamanannya. Saat ini bedak dingin susah ditemukan, kecuali di pasar, toko tradisional, atau pada penjual jamu.

Khasiat dan manfaat bedak dingin ini banyak sekali. Di zaman dahulu, para putri keraton banyak mempergunakan bedak dingin untuk merawat tubuh dan wajah mereka. Bedak dingin ada yang berbentuk bubuk dan ada juga yang berbentuk bulat-bulat seperti telur cicak. Bedak dingin biasanya berwarna kuning atau putih karena sesuai dengan bahan-bahan pembuatnya. Aromanya sangat wangi seperti wangi rempah.

Khasiat Dan Manfaat Bedak Dingin


Sebenarnya bedak dingin patut dilestarikan keberadaannya. Selain peninggalan leluhur kita, bedak dingin dapat kita jadikan cirri khas bangsa kita. Bedak dingin terbuat dari rempah-rempah pilihan seperti beras, kunyit, air mawar, bunga kenanga, dan banyak lagi. Bedak dingin sesuai namanya, mampu mendinginkan kulit wajah dan tubuh yang tersengat sinar matahari. Selain itu bedak dingin juga memberikan efek lebih cerah pada wajah dan tubuh.

Biasanya putri keraton zaman dahulu menggunakan bedak dingin pada saat mereka akan tidur. Mereka mencampurkannya dengan air lalu meratakannya di wajah. Keesokan harinya baru dibilas dengan air. Terbukti wajah dan tubuh putri keraton selalu cerah, putih dan wangi. Warisan leluhur ini tidak ada salahnya jika kita coba.

0 comments:

Post a Comment