Khasiat Asam Jawa

Posted by Anonymous On Tuesday, January 8, 2013 0 comments

Asam Jawa

Asam jawa adalah sejenis asam kandis hanya saja berbentuk lebih besar dan rasanya tidak terlalu asam. Asam jawa memiliki pohon yang cukup besar dan daun yang rimbun. Asam jawa inilah yang biasanya digunakan untuk membuat permen asam. Permen asam biasanya memiliki bentuk bulat-bulat kecil dengan taburan gula. Biasanya permen ini banyak dijual di toko dan pasar-pasar tradisional.

Permen asam ini banyak dijual di pasaran dan biasanya dbuat oleh pabrik kecil tradisional. Kemasannya pun hanya plastik saja. Jika anda sedang naik kendaraan umum seperti bis atau angkot, apabila terasa mual segeralah makan permen asam jawa ini. Dijamin mual akan segera hilang. Karena rasa asam didalam permen tersebut, memiliki sifat mencairkan asam lambung hingga perasaan enek akan segera hilang.

Manfaat Lain Asam Jawa


Manfaat lain dari asam jawa ialah bisa untuk mengatasi sembelit. Ibu yang sedang hamil atau baru saja melahirkan biasanya sering mengalami susah buang air besar. Buang air besar terasa keras dan sakit. Apabila dibiarkan akan mengeluarkan darah atau wasir. Untuk mengatasinya segeralah ambil asam jawa yang dicampur garam kemudian telanlah dengan bantuan air putih. Jika ingin lebih praktis dan enak belilah permen asam jawa yang sudah jadi di pasaran, walaupun khasiatnya tak begitu baik seperti yang masih asli.

Khasiat asam jawa lainnya ialah mengobati bisul. Jika anda mempunyai bisul yang tak kunjung sembuh, segeralah konsumsi air rebusan asam jawa yang dicampur gula jawa lalu panaskan hingga mendidih. Dinginkan lalu konsumsi 2x sehari. Minum secara rutin pagi dan sore, niscaya bisul akan sirna ke akar-akarnya.

0 comments:

Post a Comment