Khasiat Konsumsi Yogurt Untuk Tubuh

Posted by Anonymous On Tuesday, December 25, 2012 0 comments

Yogurt

Yogurt ialah susu fermentansi yang diasamkan. Yogurt pertama kali ditemukan oleh bangsa rusia yang tidak sengaja menaruh susu didalam kantung yang terbuat dari kulit domba. Tak sengaja susu tersebut terlupakan, tetapi ajaibnya susu tersebut malah menggumpal dan berubah menjadi asam. Susu asam inilah yang dikenal dengan nama yogurt. Saat ini yogurt tak dibuat dengan cara kuno tersebut, tetapi saat ini yogurt dibuat dengan cara yang lebih steril dan bersih. Yakni dengan mencampurkan susu dengan bakteri lactobacillus protectus.

Bakteri pembuat yogurt tersebut mampu membuat susu menjadi asam tetapi tidak basi. Susu yang telah mengalami proses fermentasi tersebut mampu bertahan lebih lama daripada susu biasa. Selain itu bagi para penggemar yogurt, sehari tanpa yogurt akan terasa kurang bagi mereka. Rasa yogurt amat lezat, segar, dan manis. Namun, bagi yang belum terbiasa yogurt akan terasa asam.

Manfaat Yogurt Bagi Tubuh


Dibalik itu semua, ternyata yogurt mampu menyimpan manfaat yang amat besar bagi tubuh. Susu asam tersebut mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan. Yogurt amat baik bagi pencernaan. Sebuah riset di amerika mengungkapkan bahwa yogurt dapat membunuh bakteri jahat di usus. Lactobacillus Protectus membuang zat-zat berbahaya dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat kotoran.

Karena baik untuk kesehatan, yogurt sering juga disebut sebagai susu diet. Orang yang sedang dalam masa diet, biasanya mengkonsumsi yogurt untuk agar tubuhnya tetap tak kekurangan kalsium. Yogurt diperkaya serat dan mampu membakar kalori dalam tubuh. Namun berhati-hati jika anda memiliki gangguan lambung, karena rasa yogurt yang asam akan membuat lambung perih jika mengkonsumsi secara berlebihan.

Celine Shaine

0 comments:

Post a Comment