Hubungan Pola Tidur Kita Dengan Jerawat

Posted by Anonymous On Sunday, December 23, 2012 0 comments

Pola Tidur

Pola tidur yang baik akan memberikan dampak yang baik pula untuk kesehatan tubuh kita, terutama untuk mencegah timbulnya jerawat. Apabila di wajah kita sering terdapat jerawat maka kita harus mencari penyebabnya. Penyebab jerawat bukan hanya karena memakai kosmetik yang salah, pola tidur juga mampu mempengaruhi timbulnya jerawat. Siklus tidur yang disarankan ialah minimal 8 jam sehari, hal ini dimaksudkan agar semua organ tubuh yang telah lelah bekerja seharian akan mampu beristirahat. Apabila pola tidur kita kurang, maka fungsi organ tubuh terutama kelenjar sekresi akan terganggu. Hal inilah yang menimbulkan jerawat.


Memang pengaruh pola tidur terhadap jerawat agak susah dipercaya, namun memang begitu kenyataannya. Secara ilmiah penyebabnya ada dua, yakni insulin resistant dan peradangan kronik. Insulin adalah sejenis hormon yang berfungsi mengawal tahap glukosa atau gula dalam darah. Biasanya penyakit disebabkan oleh Insulin Resistant atau dapat juga disebut sebagai halangan Insulin yang dapat melibatkan penyakit diabetes dan kencing manis. Apabila Insulin gagal mengawal tahap gula di dalam darah, liang pori akan bertindak aktif mengeluarkan sebum sejenis lemak atau produksi minyak yang terlalu banyak.

Lakukan Pola Tidur Seimbang Untuk Cegah Jerawat


Sebenarnya, sebum memang baik untuk kulit. Hal ini karena sebum berfungsi untuk melindungi kulit daripada bakteri. Namun, apabila sebum berlebih maka akan menimbulkan jerawat. Pola tidur yang tidak seimbang, apalagi yang amat kurang membuat kelenjar minyak semakin banyak memproduksi sebum.

Apabila dibiarkan, maka akan terjadi peradangan kronik. Peradangan kronik ialah keadaan kulit dimana sel kulit mati semakin bertumpuk dan menyebabkan pori tersumbat. Apabila pori sudah tersumbat, kelenjar sebum tidak bisa keluar dan berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini akan membuat liang pori tersumbat sehingga bakteri akan berkembang biak. Maka dari itu pola tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan kita, termasuk mencegah timbulnya jerawat.

0 comments:

Post a Comment