Menopause Pada Wanita

Posted by Celine Shaine On Monday, November 26, 2012 0 comments
Menopause wanita


Menopause adalah berhentinya secara fisiologis siklus menstruasi terkait tingkat lanjut usia wanita. Wanita yang mengalami menopause alamiah sama sekali tidak akan dapat mengetahui kapan menstruasi terakhir akan terjadi. Kadang-kadang menopause disebut juga sebagai perubahan kehidupan. Situasi ini juga dapat ditemukan dari beberapa spesies lainnya yang mengalami siklus seperti itu yakni monyet rhesus dan sejumlah cetacean.

Saat menopause kian mendekat, siklus dapat terjadi pada waktu-waktu yang tak menentu. Dan bukan hal yang tak lazim jika menstruasi tidak datang selama beberapa bulan. Pada saat memasuki usia 40 tahun, beberapa perubahan hormon terkait dengan pra-menopause akan mulai terjadi.


Penjelasan Seputar Menopause Wanita



Berdasarkan hasil penelitian yang telah terbukti, bahwa pada usia 40 tahun banyak wanita mengalami perubahan-perubahan dalam kepadatan tulangnya serta menstruasinya lebih sedikit dan lebih pendek waktunya dibanding biasanya. Ada juga yang menstruasinya malah lebih banya dan lama saat usianya menginjak 40 tahun atau terkait pra-menopause. Sekitar 80% wanita mengalami ketidakteraturan siklus menstruasinya. Faktanya, hanya sekitar 10% wanita berhenti total menstruasinya tanpa disertai tidak teraturnya siklus berkepanjangan sebelumnya.

Wanita pada usia 40 tahunan, siklusnya akan memanjang lagi. Meskipun mayoritas orang cenderung yakin bahwa siklus yang normal adalah selama 28 hari, penelitian membuktikan bahwa hanya sekitar 12,4% wanita yang memiliki siklus 28 hari dan 20% dari semua wanita yang ada mengalami siklus yang tak teratur. Untuk semua wanita bersiap-siaplah menghadapi pra-menopause hingga Menopause setidaknya paham tentang gejala dan inidikasi menopause.

Pada suatu kajian yang melibatkan sekitar lebih dari 2.700 koresponden wanita, mayoritas diantara mereka mengalami transisi pra-menopause yang berlangsung antara 2-8 tahun. Jika seorang wanita mengalami menopause mendadak akibat perawatan medis atau operasi, pra-menopause dapat dianggap sebagai akhir suatu proses yang pada awalnya dimulai ketika seorang wanita pertama kali mengalami menstruasi.

Periode menstruasi pertama itu biasanya diikuti dengan 5 atau 7 tahun siklus yang relatif panjang, tidak teratur dan sering tidak disertai pembentukan sel telur (ovum). Pada usia belasan atau awal dua puluhan tahun, lamanya siklus akan menjadi lebih pendek dan lebih teratur saat wanita mencapai usia subur puncak yang akan berlangsung selama kurang lebih dua puluh tahun


Celine Shaine


0 comments:

Post a Comment