Penyakit Kanker Bisa Menyebabkan Kematian

Posted by Celine Shaine On Sunday, November 25, 2012 0 comments
Penyakit Kanker


Kanker atau yang disebut neoplasma ganas merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan adanya siklus sel khas sehingga menimbulkan kemampuan sel untuk terus-menerus tumbuh tak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal), menyerang jaringan-jaringan biologis yang berada didekatnya, serta bermigrasi ke jaringan-jaringan tubuh yang lainnya melalui sirkulasi darah (sistem limfatik) atau yang disebut metastatis.

Pada umumnya, kanker membentuk tumor dan ada juga yang membentuk seperti leukimia. Sebuah cabang ilmu kedokteran studi diagnosis, pencegahan kanker, dan perawatan kanker disebut onkologi. Banyak gejala-gejala yang berbeda-beda pada seseorang yang menderita kanker, bergantung pada karakter keganasan dan lokasi atau letak kanker itu sendiri, serta ada dan tidak adanya metastatis. Cara mendiagnosis kanker biasanya dengan menggunakan mikroskopik jaringan yang didapat dengan biopsi. Setelah didiagnosa, kanker biasanya langsung dirawat dengan tindakan operasi, radiasi ataupun dengan kemoterapi.


Penelitian Terhadap Kanker



Keganasan "kanker" berindikasi kematian pada seseorang. Kanker merupakan salah satu penyebab kematian yang pada umumnya terjadi di negara-negara berkembang selain penyakit jantung. Apabila dilakukan perawatan intensif sejak awal atau masih dalam stadium awal, biasanya kanker ini dapat disembuhkan. Namun jika telat melakukan perawatan, maka kanker ini akan mengancam nyawa seseorang. Di negara superpower, Amerika Serikat dan Negara-negara berkembang lainnya, sekitar 25% kehilangan nyawanya karena penyakit ganas kanker ini. dan dalam kurun waktu 1 tahun, sekitar 0,5% dari banyaknya populasi terdiagnosa penyakit kanker.


Kanker Darah
Kanker Darah - Celine Blog


Penelitian kanker adalah usaha ilmiah yang ditekuni agar dapat memahami proses penyakit dan menemukan terapi penyembuhannya. Pemahaman tentang kanker berkembang secara eksponen semenjak dekade terakhir dari abad ke-20. Terapi baru yang radikal hanya dapat ditemukan dan diperkenalkan secara tahap demi tahap. Penghambat tirosin kinase pada akhir tahun 1990-an dianggap sebagai sebuah terobosan pertama. Antibodi monoclonal telah terbukti sebagai suatu langkah besar dalam perawatan penyakit kanker.

Seorang Onkolog dari university of Pennsylvania Medical Center di Philadelphia yang bernama David Porter melaporkan untuk pertama kalinya setelah upayanya selama 20 tahun terapi sel GM modifikasi gen sel-T terbukti berhasil menaklukkan serta menghancurkan tumor kanker leukimia.


Celine Shaine


0 comments:

Post a Comment